Review Makalah Kelompok Satu Teori Pengambilan Keputusan

 Oleh : Dede Gunandi

Makalah yang berjudul Teori Pengambilan Keputusan karya Diva Putri DKK bisa dikatakan makalah yang cukup baik. Namun dalam segi penulisan ada beberapa kesalahan yang terjadi seperti penulisan bahasa asing yang kaidah seharusnya ditulisb dengan tulisan miring. Sebagai contoh pada kalimat Problem solver ada juga decision making pada pembahasan, utility dan beberapa kalimat asing lainnya yang masih ditulis dengan huruf tegak. Dari segi penulisan mungkin itu yang masih perlu diperhatikan, sisanya sudah sesuai dengan penulisan pada umumnya.

Selanjutnya pada isi, secara keseluruhan makalah tersebut bisa dikatakan sudah cukup baik karena sudah memiliki kerangka sederhana makalah pada umumnya seperti judul, daftar isi, kata pengantar, bab I yang berisikan latar belakang, rumusan masalah dan tujuan masalah, pada bab II mengenai pembahasan serta pada bab III terkait penutup berisikan kesimpulan dan saran. Selain itu makalah tersebut juga sudah di akhiri dengan daftar referensi dibagian akhir yang sudah bisa dikatakan memenuhi kaedah penulisan daftar isi namun ada referensi yang ditulis tahun terbit atau apabila itu hasil dari searching penulis juga tida menuliskan tanggal, bulan dan tahun pencariannya. Isi dari makalah yang dijelaskanpun sudah sangat sesuai dengan judul dari makalah tersebut.

Makalah yang berjudul Teori Pengambilan Keputusan itu memiliki 9 referensi bacaan. Alangkah baiknya pemakalah mendapatkan referensi lebih dari itu dan referensinya pun masih ada beberapa yang tahun terbitnya di tahun 90-an. Dalam pembahasan yang disajikan, pemakalah sudah cukpu baik dalam menjabarkan dari masing-masing ahli yang ada. Namun demikian, dari setiap teori dari ahli yang ada, pemakalah belum menyajikan kesimpulan disetiap paragraf yang bisa pembaca fahami inti dari keseluruhan teori yang ada. Misal, ada beberapa teori dari ahli yang menjelaskan tentang teori-teori pengambilan keputusan yang dijabarkan oleh pemakalah, pemakalah tidak menutupnyab dengan kesimpulan yang bisa menjadi rangkuman dari teori dari beberapa ahli tersebut yang bisa pembaca fahami kesatuan visi dan misi atau persamaan maupun perbedaan dan beberapa ahli tersebut, sehingga pembaca mudah memahaminya.

Pada bagian penutup, ada hal yang perlu menjadi perhatian penulis. Pertama pada sub bagiannya, pemakalah membagi menjadi dua bagian yaitu A. Kesimpulan dan B. Penutup. Setelah dibaca, pada bagian kesimpulan kami sedikit banyak sudah mendapatkan inti dari isi makalah tersebut. Namun yang mengganjal terletak pada sub bagian b Yaitu penutup. Pada umumnya setelah kesimpulan sub selanjutnya adalah saran, namun penulis menjadikan sub pada bagian b dengan penutup yang notabennya penutup sudah menjadi bab utama dalam pembahasan. Secara isi, pada bagian B isinya juga sudah berisikan saran. Tapi yang menjadi perhatian, biasanya pada makalah isi saran ialah terkait tentang teori ataupun saran untuk pemakalah selanjutnya. Bukan saran untuk penulis dalam makalah tersebut. Umumnya apabila penulis meminta kritik dan saran, penulis bisa mencantumkannya dalam pendahuluan.

Dalam presentasi hasil diskusi, pemakalah sudah cukup baik dalam menyampaikan presentasinya, namun konten dari powerpoint dari makalah tersebut, makalah masih menjabarkan secara keseluruhan belum memfokuskan pada point-point nya saja. Namun secara penampilan, pemakalah sudah cukup baik.

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment